5 Tips Aman Berkendara Menggunakan Car Sharing

Siapa yang pernah bepergian menggunakan car sharing? Layanan ini memberikan kemudahan bagi kamu dalam menyewa kendaraan. Sistem sewa ini cukup populer di kalangan masyarakat Eropa dan menjadi opsi terbaik untuk mendukung mobilitas harian. Layanan car sharing sendiri dijalankan oleh sebuah aplikasi. Nantinya jika kamu akan meminjam kendaraan, kamu bisa memilih kendaraan apa dan harga berapa yang kamu butuhkan. Selanjutnya kamu bisa menghubungi pemilik kendaraan dan melakukan transaksi serta janji temu.

Layanan car sharing sendiri sudah beroperasi di Indonesia dan mulai dilirik oleh masyarakat. Produsen otomotif sendiri sudah mulai menyadari adanya ‘ancaman’ dari sistem ini. Dimana masyarakat akhirnya mulai beralih menggunakan car sharing karena harganya yang terjangkau dan juga membantu mereka lebih hemat pengeluaran. Sistem ini cocok digunakan untuk masyarakat perkotaan umumnya yang cenderung mobilitas tinggi.

Apa saja yang diperlukan untuk menggunakan layanan car sharing? Kamu hanya memerlukan login ke aplikasi car sharing yang kamu pilih dan percayakan seperti misalnya Trevo. Selanjutnya kamu bisa mengikuti step panduan disana untuk menggunakan layanan car sharing tersebut. Dimulai dengan memilih kendaraan yang diinginkan dan spesifikasi harga yang sesuai kemudian menyesuaikannya dengan tanggal pengajuan menggunakan layanan car sharing.

Dalam layanan car sharing sendiri, kamu dimungkinkan untuk menghubungi pemilik kendaraan untuk menanyakan seputar spesifikasi kendaraan maupun konfirmasi pemesanan. Ada baiknya kamu menghubungi pemilik kendaraan melalui layanan chat car sharing saja. Dimana hal ini akan membantu kamu lebih aman dan meminimalisir penipuan. Layanan ini sendiri memiliki serangkaian sistem yang memverifikasi pengguna dan pemilik kendaraan dalam sistem car sharing yang digunakan tersebut.

Apa saja yang perlu dilakukan dalam menggunakan layanan car sharing agar bisa nyaman melakukan kegiatan berkendara?

1.    Melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan sebelum digunakan

2.    Melakukan test drive kendaraan sebelum digunakan

3.    Memastikan sistem keselamatan dalam kendaraan berfungsi dengan baik

4.    Memastikan kendaraan dalam keadaan bersih sebelum digunakan

5.    Tidak melakukan komunikasi dengan pemilik kendaraan di luar aplikasi car sharing

Lima kegiatan diatas dapat membantu kamu dalam menggunakan layanan car sharing yang digunakan tanpa masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *