Bagaimana Langkah-Langkah Belanja Online Yang Aman?

Belanja online saat ini sudah menjadi kegiatan rutin bagi para pecinta shopping. Baik mulai usia remaja sampai usia dewasa atau tua sudah menjadikan belanja online seperti hobi utama. Saat ini, pusat belanja online sudah semakin marak dan menawarkan berbagai macam keuntungan dan kemudahan. Akan tetapi, meskipun secara online kewaspadaan haruslah menjadi modal utama  sebelum melakukan transaksi pada toko belanja online.

Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan, untuk mewujudkan belanja online yang aman:

  1. Jika  ingin belanja online yang aman untuk pertama kali, sebaiknya pastikan toko online yang  dipilih menerima jasa COD (cash on delivery). Keuntungan COD, pembeli bisa melihat langsung barang yang akan dibeli, sekaligus membayar secara cash pada pemilik barangnya. Namun meskipun ini adalah cara belanja online yang aman, kemungkinan besar toko yang dicari tidak menerima jasa ini.
  2. Jika toko online yang dipilih memang tidak memberikan layanan COD, maka hal penting yang perlu diperhatikan adalah apakah toko online yang dipilih mempunyai website resmi, yang terdapat kontak telepon dan alamat resmi. Ketika menggunakan website baru untuk melakukan pembelian baca ulasannya, dan perhatikan apakah konsumen-konsumen sebelumnya mempunyai pengalaman negatif atau positif. Pastikan dulu apakah reputasi toko baik atau buruk.
  3. Jika toko online yang dipilih ternyata tidak mempunyai website resmi, atau hanya instagram, perhatikan jumlah followers akun tersebut, apakah sekedar fake followers (pengikut palsu) atau akun asli. Cek jumlah likes dan komentar pada setiap postingan. Yang paling utama adalah perhatikan apakah di postingan akun tersebut terdapat testimoni dari konsumen sebelumnya. Semakin banyak testimoni yang ditemukan, kemungkinan akun tersebut menipu akan semakin kecil. Jika memungkinkan, tanyakan akun tersebut pada teman/rekan  yang lebih sering menerapkan belanja online yang aman.
  4. Terakhir jika  telah memutuskan akan bertransaksi di toko tersebut, maka perhatikan respon langsung dari penjual. Jika penjual merespon dengan aktif namun terkesan memaksa, sebaiknya hindari. Penjual yang baik tidak akan membuat calon pembelinya menjadi tidak nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *