Cara Registrasi Kartu XL dengan Nomor Kartu Keluarga

Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Perdana XL Terbaru yang Benar 2019

XL adalah salah satu provider di Indonesia yang populer di Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah penggunanya dari berbagai kalangan masyarakat. Sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen, ada aturan yang dibuat oleh pemerintah sejak tahun 2017 mengenai pengguna kartu prabayar. Aturan ini sifatnya wajib dan berlaku untuk semua calon pelanggan baru dan pelanggan lama kartu prabayar, yang mengharuskan pelanggan untuk melakukan registrasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan. Hal ini sebagai usaha agar konsumen terhindar dari penyalahgunaan data dtau juga hal-hal yang merugikan lainnya. Selain itu, aturan ini juga bisa memudahkan pelanggan nantinya untuk transaksi atau juga berbagai layanan digital lainnya.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan registrasi:

  1. Adapun cara untuk registrasi kartu prabayar ini bisa pelanggan lakukan sendiri dengan mudah. Pelanggan hanya memerlukan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Per Nomor Induk Kependudukan, registrasi kartu prabayar secara mandiri atau langsung ini hanya bisa dilakukan terbatas hanya untuk tiga nomor. Sehingga untuk registrasi nomor ke-4 dan seterusnya harus dilakukan di gerai resmi XL.
  2. Pelanggan harus memerhatikan dan memastikan jika Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga terdiri dari 16 digit. Tidak lupa nomor-nomor ini haruslah sudah terdaftar di Dukcapil. Pelanggan yang belum memiliki KTP elektronik masih bisa melakukan registrasi, yakni dengan menggunakan NIK yang ada di  KK. Sementara itu pelanggan tidak bisa melakukan registrasi jika belum memiliki KK.
  3. Tidak hanya berlaku untuk pelanggan baru saja, registrasi kartu ini juga berlaku untuk pelanggan lama. Tidak hanya itu, ketentuan yang berlaku di registrasi ini juga berlaku sama untuk calon pelanggan pascabayar.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan registrasi:

  1. Data yang dimasukkan oleh pelanggan harus benar supaya registrasi atau juga proses unregistrasi tidak gagal.
  2. Proses validasi data akan berlangsung maksimal selama 1×24 jam.
  3. Ketika mengalami kesulitan saat registrasi, pelanggan bisa menghubungi layanan pelanggan penyelenggara jasa telekomunikasi.
  4. Apabila mengalami kendala dalam masalah data kependudukan, seperti NIK tidak ditemukan, pelanggan bisa menghubungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil atau mengunjungi situs www.dukcapil.kemendagri.go.id atau juga menghubungi call center 1500537. Khusus untuk call center, bisa dilakukan pada hari dan jam kerja.
  5. Notifikasi pop-up registrasi bagi pelanggan baru kartu prabayar biasanya akan muncul ketika kartu pertama kali diaktifkan pada perangkat. Sehingga untuk registrasi kartu, pelanggan bisa tinggal mengikuti panduan yang sudah ada.
  6. Pelanggan bisa melakukan unregistrasi kartu yang tidak digunakan, kemudian melakukan registrasi kartu bari jika kasusnya pelanggan ingin melakukan registrasi kartu lagi secara langsung namun sudah memiliki tiga kartu yang sudah diregistrasi.

Proses dan cara registrasi kartu prabayar kuota keluarga XL terbagi dua, ada yang untuk pelanggan baru dan ada juga untuk pelanggan lama. Berikut ini cara registrasi kartu prabayar kartu XL untuk pelanggan baru:

  • Caranya mudah, cukup dengan mengetikkan DAFTAR#NIK#nomorKK lalu kirim ke 4444

Sebagai contoh: DAFTAR#1234567891011134#5566778899110022

Sementara itu registrasi kartu prabayar kartu XL untuk pelanggan lama, berikut ini cara dan prosesnya:

  • Caranya dengan mengetikkan ULANG#NIK#NomorKK lalu kirim ke 4444

Sebagai contoh: ULANG#1234567891011134#5566778899110022

Apabila ingin melakukan unregistrasi kartu, begini caranya:

  • Caranya dengan mengetikkan UNREG#NoHP# lalu kirim ke 4444

Sebagai contoh UNREG#087123456789#

Pelanggan harus memastikan mendapat konfirmasi sebagai tanda bahwa pembatalan registrasi sukses dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *