Ingin Buat Turnamen Free Fire, Berikut Persiapan yang Wajib Dilakukan

Inilah Tiga Perwakilan Indonesia di Turnamen Free Fire Continental Series  2020 di Laga November 2020 - Pikiran Rakyat Bogor

Berkembangnya esport di Indonesia, membuat berbagai komunitas untuk mengedakan turnamennya sendiri. Tidak terkecuali dengan komunitas game battle royal, Free Fire. Namun, sebelum Anda membuat turnamen Free Fire, Anda harus membuat persiapannya terlebih dahulu. Lantas apa saja yang perlu Anda siapkan, simak artikel berikut ini.

Persiapan dalam Membuat Turnamen Free Fire

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan dalam membuat turnamen Free Fire:

1. Dana

Ketika Anda ingin membuat sebuah turnamen, usahakan tidak membuatnya sendiri, Anda bisa menggandeng komunitas game tersebut, untuk membuat kerjasama dalam kepanitiaan turnamen tersebut.

Selain itu, juga akan mempermudah Anda dalam mendanai turnamen tersebut. Untuk tambahan dana turnamen, Anda juga bisa mengajukan sponsor ke beberapa brand yang berkaitan dengan game Free Fire, misalnya saja salah satu dari brand smartphone atau provider.

2. Tim Panitia

Untuk mempermudah jalannya turnamen, ada baiknya Anda membuat tim kepanitiaan, yang berkaitan dengan jalannya turnamen. Mulai dari promosi hingga berlangsungnya pertandingan. Selain itu, pembuatan tim kepanitiaan juga akan mempermudah alur komunikasi, karena ada penanggung jawab dalam setiap tim.

3. Tentukan Format Turnamen

Langkah berikutnya yang perlu Anda siapkan sebagai panitia adalah menentukan mode turnamen, apakah mode turnamen itu Solo, Duo, atau Tim. Setelah memilih mode turnamen, format turnamen akan terdiri dari jumlah peserta, jumlah pot, dan sistem pertandingan dari babak kualifikasi hingga babak final.

Selain itu tentuan juga jadwal pertandingannya, agar peserta tidak mendapat kepastian, kapan mereka akan bermain. Selain itu, perhitungkan berapa lama durasi dalam satu pertandingan, untuk memaksimalkan jadwal pertandingan yang bisa dilakukan dalam sehari.

4. Buat Aturan

Sebagai panitia turnamen, Anda harus memiliki peraturan dan regulasi turnamen untuk membantu menjelaskan poin penting turnamen kepada peserta. Beberapa poin yang dicatat dalam regulasi adalah: aturan pertandingan, perhitungan poin, hadiah turnamen dan jadwal pertandingan.

Jika kamu belum tahu aturan apa yang harus ditetapkan, kamu juga bisa melakukan cheat terhadap aturan dan regulasi yang ada di turnamen resmi Free Fire yang diselenggarakan Garena. Anda tidak perlu khawatir dengan peraturannya dan tentunya Anda bisa mempersiapkan diri untuk turnamen yang lebih matang.

5. Buat Poster dan Cara Pendaftarannya

Dengan format turnamen dan aturan turnamen yang jelas. Selain itu, Anda perlu membuat poster turnamen untuk dipasang dan dipromosikan di media sosial. Selanjutnya tentukan sistem pendaftaran peserta, apakah akan mengisi dengan link seperti formulir Google atau mengisi manual dengan menghubungi panitia turnamen secara langsung.

6. Siarkan Turnamen Secara Langsung

Terakhir, jika Anda ingin turnamennya disiarkan secara live bisa menghubungi beberapa layanan live streaming turnamen Free Fire seperti Jisung Senpai, Prestige TV, Dolanan Jogja, ex-novice, dan beberapa layanan live streaming lainnya.

Selain itu, salah satu panitia juga diperbolehkan melakukan siaran langsung secara mandiri dengan catatan penampilan langsungnya harus bagus dan mampu membawa pertandingan ke publik.

Setelah poin-poin di atas terpenuhi, Anda dapat memposting dan mempromosikan turnamen di media sosial atau di grup sosial. Dan jangan lupa bahwa peraturan dan regulasi turnamen adalah pedoman untuk menjalankan turnamen hingga akhir turnamen.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mengadakan turnamen Free Fire. Untuk mendorong minat para pemain agar mengikuti turnamen yang Anda buat, Anda harus menyiapkan hadiah yang menarik. Misalnya saja, jika Anda mendapat sponsor dari brand smartphone, ada hadiah tambahan, berupa HP untuk juara pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *