Limit Bukalapak Paylater, Bisa Dinaikin Nggak Ya?

Sekilas, beberapa paylater punya sistem kerja yang mirip dengan kartu kredit. Misalnya Bukalapak paylater yang bermitra dengan Kredivo. Di mana Kredivo menawarkan opsi pembayaran dengan tiga metode yaitu 30 hari tanpa bunga, cicilan 3 bulan, hingga cicilan 6 bulan dan 12 bulan.

Bedanya, cara menggunakan Bukalapak paylater, bergantung dengan aplikasi paylater yang berbasis online. Sementara kartu kredit bisa menggunakan kartu fisik atau transaksi online. 

Selain itu, kartu kredit juga punya kelebihan lain yang berbeda dengan paylater seperti limit kredit yang bisa dinaikkan. Sementara paylater, biasanya terkenal dengan limit kreditnya yang terbatas sehingga bisa membatasi transaksi. Sayangnya, daftar kartu kredit nggak semudah daftar paylater. Sehingga banyak orang memilih paylater karena kemudahannya untuk diapprove. 

Tapi, sekarang, bukan cuma kartu kredit aja yang limitnya bisa dinaikkan, lho. Kalau kamu pakai paylater, kamu juga punya peluang menaikkan limit kreditmu ke angka yang lebih besar. 

Bagaimana langkah-langkahnya?

Pilih Bukalapak paylater yang punya limit besar

Biasanya, limit paylater cukup terbatas. Maka dari itu, kalau mau menaikkan limit paylater atau punya limit besar, kamu harus memilih layanan paylater yang menyediakan limit besar. Di Bukalapak, salah satu fintech yang bermitra dan bisa kasih limit besar adalah Kredivo. Di mana limit maksimal dari Kredivo adalah Rp 30 juta khusus bagi pengguna Premium. 

Namun, tidak ada jaminan ketika kamu daftar akun Kredivo, kamu akan menerima angka maksimal sebesar Rp 30 juta. Semua akan bergantung pada profil dan persetujuan Kredivo sebagai pihak paylater. Beruntungnya, Kredivo akan memberikan opsi pengajuan kenaikan limit bagi kamu yang punya limit di bawah Rp 30 juta. 

Apa saja syarat untuk daftar akun Kredivo?

  1. Kamu merupakan WNI yang berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun. 
  2. Sudah bekerja dan punya penghasilan sebesar minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Aktif bertransaksi dan bayar tepat waktu

Opsi kenaikan limit tidak akan langsung muncul begitu saja sesaat setelah pendaftaranmu disetujui. Jika kamu pakai Kredivo, kamu harus aktif bertransaksi lebih dulu dengan menggunakan Kredivo di Bukalapak atau berbagai merchant rekanan Kredivo lainnya. Tapi, nggak cuma aktif bertransaksi, kamu pun perlu melakukan pembayaran tepat waktu untuk setiap transaksi yang dilakukan. 

Jangan sampai denda, kena bunga pembayaran, atau bahkan gagal bayar. Sebab, pembayaran tepat waktu menjadi salah satu penilaian skor kredit dan juga kriteria untuk bisa dapat tawaran kenaikan limit kredit. 

Punya riwayat transaksi & kredit yang baik

Menjaga riwayat transaksi dan kredit dengan baik bisa dibilang gampang-gampang susah. Diperlukan disiplin dan manajemen keuangan yang baik supaya setiap transaksi yang kamu lakukan via paylater bisa dibayarkan tepat waktu.

Namun kadang-kadang, ada juga faktor eksternal yang bisa membuat riwayat kredit tercoret dan gagal bayar. Misalnya karena kasus pandemi kemarin, dan banyak orang yang pekerjaannya terdampak. 

Maka dari itulah, penggunaan paylater harus dilakukan sesuai dengan petimbangan matang dan kondisi keuangan sendiri. Usahakan untuk menggunakan paylater hanya untuk kebutuhan-kebutuhan penting.

Misalnya mengganti barang elektronik di rumah yang sudah usang, beli barang untuk pekerjaan, hingga untuk aktivitas produktif seperti berbisnis. Selain daripada itu dan selama kebutuhan bisa ditunda, sebaiknya jangan gunakan paylater untuk kebutuhan konsumtif. 

Cek opsi kenaikan limit paylater 

Jika sudah melakukan tiga cara di atas, dalam beberapa waktu setelahnya, kamu bisa mengecek akun paylater dan profilmu. Apakah ada opsi kenaikan limit? Jika ada, maka kamu bisa mengeklik dan coba mengajukan kenaikan limit. Kamu akan diminta mengunggah berbagai dokumen tambahan untuk kenaikan limit, misalnya slip kenaikan gaji sebagai bahan pertimbangan. 

Ikuti instruksi yang diberikan untuk kenaikan limit. Tunggu beberapa saat hingga kamu menerima informasi pengajuan kenaikan limit disetujui atau ditolak. Setelah limit naik, maka kamu bisa menggunakannya langsung untuk bertransaksi di Bukalapak atau merchant lainnya yang menjadi mitra paylater. 

Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *