Yuk Kenalan dengan Kelinci Laut, Ini 8 Rahasianya

Yuk, Lihat Lucunya Kelinci Laut yang Imut dan Berwarna Warni
source gambar : australiangeographic

Adakah yang hobinya memelihara kelinci? Ternyata di laut ada juga hewan yang disebut kelinci laut, lho. Biasa dikenal dengan nama Sea Bunny, yuk kenalan lebih dalam dengan hewan paling imut dan menggemaskan yang ada di laut:

  • Kelinci laut memiliki nama ilmiah Jorunna parva

Kelinci laut masuk dalam spesies siput laut yaitu Nudibranch, yaitu spesies yang memiliki bentuk unik serta warna yang mencolok. Cara berpindahnya juga beragam, ada yang berenang bebas di air, ada juga yang bergerak lambat di dasar laut.

Tubuh kelinci laut lunak dan tidak memiliki cangkang, karena masuk dalam kelompok Molusca (hewan yang tidak bertulang belakang), dan anggota kelas Gastropoda. Tubuhnya hanya berukuran kurang dari satu inci, atau sekitar 2,5 sentimeter saja.

  • Kelinci laut juga memiliki banyak ragam warna bulu

Seperti halnya kelinci darat, kelinci laut memiliki  beberapa variasi warna bulu yaitu coklat, putih, hijau, atau kuning. Bintik-bintik di sekujur tubuhnya tampak menyerupai mantel bulu yang menutupi seluruh tubuhnya.

Sayangnya sampai saat ini peneliti belum dapat memastikan apakah warna yang berbeda menunjukkan spesies yang berbeda.

  • Siklus hidup kelinci laut

Sama seperti spesies siput lainnya, kelinci laut memulai hidupnya bersama cangkang. Seiring dengan pertumbuhan yang semakin besar, sesaat sebelum dewasa cangkangnya akan dilepaskan. Saat itulah muncul bintik-bintik di sekujur tubuhnya.

  • Kelinci laut juga memiliki dua telinga panjang

Yang sebenarnya adalah bukan sepasang telinga, melainkan antena yang disebut rinofor (rhinophores). Rinofor adalah organ tubuh yang sangat pwnting bagi kelinci laut. Fungsinya sebagai organ sensorik untuk mendeteksi bahan kimia di dalam air, yaitu menemukan makanan serta pasangan.

Selain itu rinofor juga dapat membantu kelinci laut untuk mengetahui arah arus air. Masing-masing rinofor memiliki penutup kecil, yang letaknya sedemikian rupa untuk memaksimalkan luas permukaan reseptor sensorik dari kelinci laut.

  • Kelinci laut merupakan hewan hermaprodit

Kelinci laut memiliki organ seksual jantan sekaligus betina, sehingga menghasilkan sel sperma dan juga sel telur. Meski demikian, bukan berarti ia membuahi dirinya sendiri, lho. Kelinci laut berkembang biak dengan cara kawin dengan kelinci laut yg lain, dan menukar masing-masing sel sperma untuk membuahi masing-masing sel telurnya.

  • Kelinci laut memiliki insang

Yang terlihat seperti ekor sebenarnya adalah insang yang terletak di tubuh bagian belakang kelinci laut. Tidak semua hewan Nudibranch memiliki insang, dimana yang memiliki dinamakan Dorid.

  • Kelinci laut ternyata sangat beracun

Adalah sangat berbahaya bagi para pemangsanya, karena kelinci laut sangat beracun sehingga sering memberi masalah, dan bahkan mematikan. Racun diperolehnya dari makanan yang dikonsumsinya. Contohnya dari spons laut yang setelah dimakan,  racunnya akan diambil dan disimpan oleh kelinci laut.

  • Kelinci laut banyak ditemukan di perairan Samudra Indo-Pasifik, Afrika Selatan, hingga ke Pasifik Tengah

Kelinci laut pertama kali ditemukan pada tahun 1930 oleh seorang ahli zoologi dari Jepang bernama Kikutaro Baba. Berdasarkan laporan, kelinci laut ditemui di Propinsi Kii di Jepang.

Belakangan kelinci laut juga sering ditemukan di laut Filipina, Tanzania, hingga Papua Nugini.

Bentuknya yang imut dan menggemaskan seperti kelinci adalah salah satu faktor yang membuatnya sangat populer.

Demikian 8 rahasia imut dan menggemaskan si kelinci laut. Lain kali kalau berjumpa jangan lupa untuk diabadikan yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *